Senin, 20 Mei 2013

laporan pratikum konservasi laut


KATA PENGANTAR
Puji syukur saya ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunianya kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan eksplorasi ini tepat pada waktunya.  Dan terima kasih kepada Dosen yang telah memberikan saya tugas menyusun laporan ini sehingga saya dapat mengerti mengenai mata kuliah eksplorasi ini. Terima kasih kepada   Asisten yang telah membimbing saya dalam penyusunan laporan ini sehingga saya merasa terbantu atas data-data yang saya butuhkan dan cara memperoleh data dengan baik.
Dalam penulisan Laporan ini, saya susun berdasarkan data primer yang saya dapatkan dari wawancara nelayan dan data sekunder dari hasil diskusi bersama nelayan.dan dari beberapa literature-literatur dari proposal dan media internet.
Laporan ini berisikan tentang gambaran pendaptan nelayan dan hasil tangkapan nelayan yang akan dijadikan suati informasi kepada masyaraat dan instansi yang membutuhkan
Demikian laporan ini saya susun berdasarkn pengetahuan yang saya miliki dan berbagai inforasi yang saya dapatkan . semoga berguna bagi pembaca. Dan saya mohon saran yang mendukung demi memperbaiki laporan saya ini menjadi lebih baik.                                                            
                                                                                                                    PEKANBARU 15 MEI 2013

                                                                                                                                                                                                                                 PENULIS
DAFTAR ISI

ISI                                                                                                        HALAMAN

KATA PENGANTAR.....................................................................                   i

DAFTAR ISI.....................................................................................                 ii
DAFTAR TABEL............................................................................                  iii
DAFTAR GAMBAR........................................................................                  iv
DAFTAR LAMPIRAN....................................................................                  v
I.                   PENDAHULUAN
                                    1.1. LatarBelakang 
                     1.2. Tujuan Pratikum
                                    1.3. Manfaat Pratikum
                                     
II.                TINJAUAN PUSTAKA
2.1.  Kehidupan nelayan5
2.2.  OSEBUD Masyarakat Nelayan5
2.3. Ekosistem dan perikanan dan laut 6

III.              METODOLOGI PRAKTEKMAGANG
      3.1   WaktudanTempat
3.2.. Alat dan bahan
3.3.. Prosedur Pratikum

        III..... HASIL DAN PEMBAHASAN
           3.1.
           3.2. Pembahasan 
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN



DAFTAR TABEL

Table                                                                                                        
Isian Pengamatan Biologi Hasil Tangkapan Ikan Di Pesisir Selatan

DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                    
Gambar ikan tetet
Gambar ikan merah
Gambar kepiting

I.                  PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Eksplorasi adalah sebuah ilmu yang bertujuan mencari informasi dengan tujuan memperoleh informasi lebih banyak  disuatu daerah dan menajadikan suatu informasi kepada masyarakat dan instansi yang membutuhkanya. Dalam bidang keilmuwan, ilmu eksplorasi merupakan sebuah ilmu yang sangat penting yang berlandasan pada penelitian 
Kawasan laut pesisir selatan adalah salah satu kawasan yang paling panjang di sumatera ± 232,4 km, dan mempunyai 20 sungai, ±  1432 dan hasil tangapan banyak dinikmati oleh orang-orang Malaysia dan Singapore.
            Kegiatan eksplorasi sangat penting dilakukan sebelum adanya kegiatan nelayan dilaksanakan didaerah tersebut. mengingat Dengan makin berkembangnya sumberdaya manusia dan berkembangnya teknologi yang ada diindonesia. Wilayah sepanjang pesisir pantai dan sumberdaya alam banyak dieksploitasi secara berkepanjangan  jadi dengan berkembangnya pengetahuan manusia sumberdaya alam yang di eksploitasi secara terus menerus dapat diatasi dengan cara mengekslporasi sehingga sumberdaya yang ada dapat dinikmati secara berkelanjutan
Eksploitasi adalah usaha pengambilan sumberdaya secara terus menerus tanpa memikirkan efek kedepannya dan tanpa melihat ketersediaan sumberdaya untuk kedepanya. Eksploitasi dan eksplorasi sumberdaya alam abanyak diwarnai oleh paradikma yang menilai sumberdaya alam sebagi pedapatan ketimbang modal. Paradikma tersebut telah berkembang jauh sebelum terjadinya revolusi industeri sebagai infestasi dari hasrat manusia untuk menguasai alam yang harusnya saling membutuhkan untuk menuju keseimbangan kualitas hidup yang lebih baik implikasi pandangan dunia yang demikiian secara sadar atau tidak telah membentuk  produksi seluruh aktivitas ekonomi termasuk eksploitasi dan eksplorasi sumberdaya alam pertambangan.
Sejauh yang diketahu eksplorasi sumberdaya alam masih tetap  penjabaran dari paradigm tersebut di atas. Eksploitasi sumberdaya alam yang hanaya diarahkan untuk mendukuung pertumbuuhan ekonomi tanpa memperhatikan secara keseimbangannya.
Dengan adanya ilmu eksplorasi kita dapat mempelajari sumberdaya apa yang paling dominan pada sutau daerah dan bagaiman kehidupan ekonomi para nelayan dan bagaimana upaya dinas kelautan dalam menerapkan ilmu eksplorasi kepada nelayan serta upaya dalam mensejahteraan kehidupan nelayan  
1.2 Tujuan Pratikum dan Manfaat
            Pratikum eksplorasi bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiwa dan mencari informasi suatu bidang kajian yang akan dicari di sutu wilayah dari berbagai aspek yang mempengaruh baik secar luas maupun dalam ruang lingkup sempit. Dan melatih suatu kmampuan mahasiswan dan menganalisa suatu bidang kajian tempat atau objek yang akan dijadikan suatu informasi
            Manfaat pratikum eksplorasi ini adalah semoga setelah melakukan pratikum ini mahasiswa data memberikan informasi kepada masyarakat dan mampu menyusun data yang telah didapat kan dengan baik sehigga bisa dijadikan suatu data yang akurat .

II.               TINJAUAN PUSTAKA


Masyarakat nelayan merupakan kelompok masyarakat yang tergolong miskin dengan persentase lebih besar.wilayah Indonesia yang memiliki banyak pulau mempunyai banyak wilayah pantai . hamper disepanjang pantai Indonesia hidup keuarga-keluarga nelayan yang hidup dalam konisi kemiskinan. Mereka bekerja sebagai buruh nelayan orang-orang mengambil upah sebagai anak buah kapal atau awak kapal mencari ikan
Kehidupan nelayan harus menajadi suatu perhatian khusu s bagi pemeintah. Kehidupan nelayan yang memprihatinkan dengan hasil tangkapan yang tak seberapa dan tak didukung dengan alat-alat yang memadai seing kali menjadi  suatu tingkat perekonomian yang rendah.
Kehidupan masyarakat pesisi selatan sebagan besar mata pencaharianya adalah nelayan. Masyarakat dipesisir selatan yang mata pencaharianya nelayan mempunya beberapa anggota dan setiap anggta memunyai beberapa kelompok.  Pada tanggal 28 juni 2008 berdirinya sebuah kelompok yang beranggotkan 145 orang. Tetapi dengan kurang nya perhatian pemerintah kegiatan nelayan yang kurang didukung oleh fasilita dari pemerintah maka peraturan yang ada di dalamnya kurang beralan pada pada tahun 2010 kelompoini mulai aktif kembali.

III. METODE PRATIKUM

3.1. Waktu Dan Tempat
Pratikum eksplorasi dilaksanakan pada tanggal 11 mei 2013 di Painan Perairan Laut Pesisir Selatan Sumatera Barat. Dengan menggunakan metode survey untuk memngumpulkan data tangkapan dari kapal nlayan dan data effort yang akan dihitung nilai CPUE dari perairan painan.
3.2 Alat dan bahan
            Alat yang digunakan pada pratikum ini adalah kamera sebagai alat dokumentasi, alat tulis untuk mencatat data, timbangan untuk mengukur berat ikan yang (ikan yan dipilih adalah spesiesi ikan yang domianan hasil tangkapan nelayan, penggaris untuk mengukur SL,TL, table pengisian untuk mengisi data kusioner kepada nelayan. Sedangkan bahan yang digunakan adalah sampel ikan dan non ikan.
3.3.Prosedur Pratikum
Pada pratikum eksplorasi ada beberapa prosedur yang harus dilakukan
Prosedur pratikum di TPI
  • Setiap mahasiswa tdibagi kedalam setiap kelompok yang telah ditentukan dan mahasiwa membagi tugas ( seperti tugas wawancara, dokumentasi, menimbang, mencatat, mengukur ikan dan merekam)
  • Dan mahasiswa dapat menyiapkan laporan semetara dan mengumpulkan data kepada asisten setiap kelompoknya.
Prosedur pada masyarakat pesisir
  • Setiap mahasiswa menggali iformasi dengan melakukan wawancara SOEBUD (social ekonomi dan budaya) masyarakat pesisir dan mahasiswa dapat mendokumnetasikan setiap keadan perairan dan pesisir lokasi pratikum
Prosedur pratikum di PPI
  • Tentukan kapal yang akan diamati
  • Tentukan spesies ikan dan non ikan yang dominan
  • Dokumentasikan spesies ikan yang dijadikan sampel
  • Tentukan jenis kelamin sampel
  • Ukur mophometrik sampel TL,SL
  • Ukur berat sampel
V.               KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 Kesimpulan
            Dari hasil pratikum yang telah dilakukan maka saya dapat menyimpulkanjika dilihat dari segi social ekonomi budaya maka nelayan pesisir selatan dapat dikategorikan nelayan yang sejahtera karena pekerjaan nelayan ini sangat didukung oleh dinas Perikanan Dan Ilmu Keautan pesisir selatan dengan memberikan bantuan dan dukungan yang sangat mendukung. Dan pendapat nelayan rata-rata perhari dapat diategorikan bagus.  Dilihat dari segi hasil tangkapan maka hasil tangkapan yang dominan adalah ikan macho dan ikan pinang-pinang,ikan tete, dan yang non ikan adalah kepiting dan udang.
5.2 Saran
            Dari hasil pratikum yang saya lakukan masih banyak terlihat kekuranganya sperti kurang efektifnya pelaksaan pratikum dan informasi yang didapatkan kurang banyak disebabkan waktu yang telah larut sehinga sebaiknya perlu dilakukan pratikum lanjutan oleh adik-adik yang mengambil mata kuliah ekplorasi guna untuk lebih banyak mengetahui keadaan ekonomi pesisir selatan dan hasil tangkapan yang dominan didaerah sana.
DAFTARA PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar